Home » » UPS : Pengertian dan Fungsi UPS adalah ....

UPS : Pengertian dan Fungsi UPS adalah ....

Apakah arti UPS ?
UPS adalah singkatan dari Uninterruptible Power Supply, yang berarti sebuah alat atau perangkat elektronika yang berfungsi mampu memberikan cadangan listrik untuk peralatan elektronik lain ketika terjadi pemadaman dari PLN atau istilah umumnya yaitu mati lampu.
Selain  karena pemadaman PLN, bisa juga karena ada kejadian tertentu yang menyebabkan listrik mati mendadak misalnya karena ada kabel terbakar, colokan listrik kendur, stop kontak meleleh,  atau kabel putus tiba-tiba.

Penggunaan UPS paling utama dan paling umum yaitu dipakai untuk komputer CPU (satu set dengan monitor) dan komputer server.
Meskipun demikian ada juga yang memakai UPS untuk perangkat elektronik lain, tapi tidak semua UPS bisa (untuk UPS jenis tertentu saja).

ups adalah
UPS ICA dan  UPS APC

Bagaimana bila komputer tanpa menggunakan UPS ?
Pada komputer CPU,  bila sedang mengalami pemadaman listrik secara mendadak dapat menyebabkan masalah-masalah. Kalau ketika itu sedang megerjakan sesuatu ( sedang mengetik, misalnya) yang mana belum sempat kita simpan, sehingga mengakibatkan data  jadi hilang dan kita mulai dari awal lagi.

Selain itu bisa mengakibatkan gangguan yang lebih serius.  Komputer tidak bisa muncul windows setelah dinyalakan, atau ada peringatan error tertentu, serta bisa menyebabkan kerusakan pada hardwarenya.
Tentu saja efeknya merugikan kita, dan bila kejadian mati lampu mendadak ini terlalu sering terjadi maka kerusakan serius pada komputer kita adalah sangat mungkin sekali, sehingga  pada akhirnya kita harus mengeluarkan biaya yang cukup besar yaitu untuk biaya perbaikan ataupun biaya beli perangkat baru. Belum lagi bila dihitung data yang hilang yang tak ternilai harganya.

Nah UPS ini diciptakan untuk mengatasi tindakan preventif untuk menghindari akibat-akibat gangguan di atas. UPS dirancang secara otomatis dapat mentransfer masukan tegangan power AC seperti aliran PLN, dan menyediakan pasokan listrik dengan rentang waktu tertentu.
Di dalam UPS ini  menyediakan strum listrik yang tersimpan dalam  bentuk baterai , sehingga saat pemadaman terjadi maka otomatis listrik berpindah dari PLN keUPS.

Selain itu juga penggunaan UPS sangat dianjurkan kepada Anda yang tinggal di daerah yang mengalami cuaca yang tidak stabil atau buruk pasokan listriknya, tidak stabil dan sebagainya. Dengan demikian UPS diharapkan menjadi penyelamat bagi komputer anda.

Powered by Blogger.