Home » » Kalau Untuk 5 Komputer, Beli 5 UPS atau 1 UPS ?

Kalau Untuk 5 Komputer, Beli 5 UPS atau 1 UPS ?

Pada suatu tempat yang kondisi listrik  PLN  tidak menentu, sering ada pemadaman mendadak misalnya, kehadiran ups adalah termasuk prioritas.
Pada kantor atau tempat usaha bisnis yang terdapat beberapa komputer, 5 komputer atau 10 komputer, dalam menentukan banyaknya ups kadang menjadi perdebatan.

Pada halaman ini kami hanya memberikan beberapa pandangan dan tidak mutlak harus diikuti :

* Memilih membeli 1 ups untuk 1 komputer

Ini berarti jika jumlah komputer ada 7, maka ups yang dibutuhkan sebanyak 7 unit.
Jika ini yang menjadi pilihan anda, maka sebaiknya beli ups dengan satu merek atau beberapa merek sekaligus.

Kalau anda hanya memilih 1 merek saja, bisa jadi karena fanatik dengan merek tertentu, maka anda dapat membeli satu merek tapi dengan beberapa tipe. Tujuannya apa ? Ingat, apapun mereknya, apapun produknya, pada setiap tipe atau model produk ada kelemahannya. Contoh anda memilih merek A tipe B, merek A tipe C, merek A tipe D, seiring berjalannya waktu masing-masing akan muncul kelemahannya, atau akan muncul masing-masing kerusakannya yang berbeda-beda ( setelah pemakaian jangka panjang ).
Mungkin dengan merek A tipe B selama pemakaian bertahun-tahun tidak pernah rusak, merek A tipe B ada error tertentu setelah penggunaan 2 tahun, merek A tipe C ada kerusakan setelah pemakaian 3 tahun dan seterusnya.

Lain halnya kalau semua ups yang kita beli merek A tipe A, biasanya akan mengalami kerusakan yang sama gejalanya, sama komponen yang rusak, dan waktunya pun hampir sama, sehingga kerusakan yang hampir bersamaan menyebabkan penggunaan semua komputer jadi terganggu.



* Memilih membeli 1 UPS berkapasitas besar yang bisa digunakan untuk semua komputer.
Kelebihan memilih satu ups seperti ini adalah masalah efisiensi tempat dan kerapian ruangan.
Tetapi ada resiko  kalau misalnya terjadi kerusakan pada ups, maka kinerja semua komputer akan terganggu.

* Saran, jika terdapat komputer server, sebaiknya ada ups khusus / tersendiri untuk komputer server. Karena kita tahu fungsi komputer server sangat vital.


Baca : UPS berkapasitas besar 10.000 VA, satu ups untuk banyak komputer >>

Lihat : UPS 5 KVA untuk beberapa komputer >>
Powered by Blogger.