Home » » Cara Mematikan Bunyi UPS

Cara Mematikan Bunyi UPS

Setiap UPS dilengkapi indikator suara seperti klakson atau disebut BUZZER. Buzzer mengeluarkan bunyi beep terus menerus dengan jeda waktu tertentu pada saat pemadaman listrik. Bunyi buzzer ini sebagai pertanda UPS sedang bekerja menggunakan baterai internalnya. Ketika batterai mau habis maka bunyi buzzer lebih cepat iramanya, sebagai pertanda pemakai komputer harus segera mematikan komputernya dan ups akan mati.

Buzzer ( Ini nih.. biangnya suara )
Tapi suara yang keluar dari UPS biasanya cukup nyaring dan melengking sehingga mengganggu pendengaran.  Ada beberapa cara untuk mengatasinya:
  1. Matikan suara UPS dengan menekan khusus tombol BUZZER jika ada. Pada ups tipe lama ( Contoh UPS merek ICA yang lama, keluaran tahun 2000-an ) biasanya tombol buzzer ada dibagian depan atau belakang casing UPS
  2. Baca buku manual, atau biasanya sudah ditempel petunjuknya pada casing ups, tombol mana yang harus ditekan, biasanya menjadi satu tombol berbarengan dengan fungsi yang lain ( ada yang perlu ditekan tombol dan ditahan dulu beberapa saat )
  3. Belum bisa juga ? Tutup telinga anda,  hehehe ...
  4. (!) Memang ada UPS yang tidak bisa dimatikan buzzernya, kalau tetap ingin tanpa keluar suara silakan minta teknisi untuk melepasnya.
Powered by Blogger.